Senin, 03 Februari 2014

Umur Panjang ada di Tangan Kanan Nya

Ulang Tahun Trina Melati Banjarnahor AM.k,Yohana Yolanda Sianturi&Yolia Isabel Sianturi



 SELAMAT ULANG TAHUN MAMI, & 2 PUTRIKU TERSAYANG
TRINA MELATI BANJARNAHOR AM.k
YOHANA YOLANDA SIANTURI
YOLIA ISABEL SIANTURI

                   Selamat Ulang Tahun Mama :Trina Melati Banjarnahor AM.k 3 Febriari 1977-3 Februari 2014
Bulan ini adalah hari yang berbahagia buat keluarga kami,dimana anggota keluarga kami Mensyukuri Berkat  Tuhan atas kami,Anak saya Yohana Yolanda Sianturi Tepat Pada tgl 31JanuariGenapUmurnya 10 Tahun,Hari ini 3 Februari Isteri saya Berulang Tahun Yang ke 37,dan Tgl 22 FebruariPutri Bungsu kami  berulang tahun yang ke  6 , Selamat Ulang Tahun Buat Boruku :Yohana Yolanda Santuri 31 Januari 2004, Isteri Saya Trina Melati Banjarnahor AMk 3 Februari 1977, Putri kami Yolia Isabel Sianturi 22 Februari 2008, Sebagai Terimakasih saya kepada Tuhan disin saya mengutip sebuah renunganyang ditulis oleh Pdt HM Siagian MPTH, dan renungan tentang Ulang Tahun

HIDUP ADALAH PEMBERIAN TUHAN 
 
" Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan." (Ams 3:16)
Pernahkah kita berfikir bahwa hidup ini berasal dari Tuhan. Tuhanlah yang memberikan hidup bagi setiap manusia. Kalau kita mengatakan bahwa hidup berasal dari Tuhan maka kita patut bersyukur bahwa hidup kita rupanya pemberian dari Tuhan.

Ada 3 hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia.
1. Umur panjang.
2. Kekayaan.
3. Kehormatan.

Umur panjang berbicara tentang hidup yang sehat baik jasmani, rohani, serta hidup yang indah.

Kekayaan bisa berbicara tentang material, dan kecukupan sehari hari.

Kehormatan yaitu kedudukan, jabatan, derajat dimana orang lain menghormati kita.

TIGA  hal ini yang diminta oleh setiap orang. Namun kalau kita belajar dari Amsal ini, kita akan menemukan bahwa Raja Salomo tidak meminta ke tiga hal ini. Ketiga hal ini merupakan sebuah bonus dari Tuhan.
Bagaimana Salomo waktu itu mendapatkan ke tiga hal ini: Kunci utama yaitu melalui DOA. Salomo berdoa kepada Allahnya meminta petunjuk. Salomo menyadari bahwa dia perlu berhubungan dengan Tuhan. Hanya melalui Dialah segalanya. Kenapa Salomo bisa menjadi seorang Raja yang paling Masyhur, Jaya dan dihormati Karena melalui Doa.
Raja raja 3: 13-14 “ Dan apa yang tidak kamu minta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorang pun seperti engkau di antara raja raja. Dan Jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintahKu sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu.’


Inilah pembicaraa Allah kepada Salomo, Allah memberikan bonus kepada Salomo yaitu Umur panjang, Kekayaan, dan Kehormatan.
Apa yang diminta oleh Salomo sewaktu doa adalah HIKMAT. Salomo menyadari bahwa hanya melalui Hikmatlah bisa menjadikan bangsa Israel menuju kejayaan.
Amsal mengatakan Hikmat yaitu TAKUT AKAN TUHAN.
Saat ini yang harus anda lakukan yaitu:
1. Berdoa kepada Tuhan.
2. Minta Menjadi anak Tuhan yang punya HIKMAT yaitu TAKUT AKAN TUHAN.
3.Terima BONUS.

  
               KELAHIRAN ADALAH BERKAT CAMPUR TANGAN ALLAH.
Yeremia 1:5“Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa”.
Kita harus menyadari bahwa kita lahir tanpa campur tangan Tuhan tidak mungkin terjadi. Artinya kelahiran seseorang bukan karena hubungan secara biologis. Memang prosesnya melalui hal itu, namun apakah anda menyadari bahwa jika anda lahir tanpa mata, nafas, darah, maka tidak ada kehidupan. Tuhan memberikan kehidupan bagi setiap manusia.
ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Tuhan membentuk hidup anda. Proses pembentukan dari sejak dalam kandungan Tuhan merajut kehidupanmu. Dan tanpa disadari proses pembentukan manusia dapat di hancurkan oleh manusia. Ingat peristiwa penciptaan Manusia. Tuhan menciptakan Taman Eden untuk Manusia. Namun manusia lebih memilih untuk berbuat dosa yang mengakibatkan kematian secara rohani.
2. Mengenal engkau. Kalau saat ini anda ulang Tahun ingatlah Tuhan mengenal hidupmu dan Tuhan rindu anda mempunyai persekutuan yang dekat dengan Tuhan. Apakah anda mengenal sang Pencipta yang menciptakan hidupmu.
3. Menguduskan engkau. Anda dilahirkan dibumi bukan untuk pesta pora, mabuk, narkoba, dan perbuatan perjinahan, dan melakukan dosa. Namun anda lahir untuk dikuduskan, disucikan.
4. Tetapkan. Tuhan mempunyai rencana untuk hidupmu. Rencana Apakah itu?. Rencana ilahi. Ingat Yusuf dia menjadi seorang pemimpin Mesir setelah Raja. Karena ada rencana Tuhan. Perhatikan cerita Daniel, Tuhan punya rencana bagi dia ditengah bangsa Babilonia yang tidak mengenal Tuhan. Ingatlah cerita Ester, dia jadi putri raja supaya ada rencana Tuhan menyelamatkan bangsanya yang mau dimusnakan.
Keempat hal ini kiranya memberkati kita.



                                   Selamat Ulang Tahun Boru ku : Yohana Yolanda Sianturi,31 Januari 2004-31 Januari 2014

Ulang Tahun = Tambah Umur atau Kurang Umur?
Ulang Tahun = Tambah Umur atau Kurang Umur?

Hari ini adalah hari ulang tahun istaeri saya Trina Melati Banjarnahor AM.k 
31 JanuariYang lalu Ulang Tahun Putri saya Yohana Yolanda Sianturi
22 Februari yang akan datang Ulang Tahun Putri Bungsu saya : Yolia Isabel Sianturi
Sehubungan dengan ulang tahun, sejak kecil kita diajarkan bahwa ketika seseorang ulang tahun, kita harus bersukacita dan merayakan bertambahnya umur kita satu tahun lagi. Memang benar, ketika kita berulang tahun kita merayakannya karena usia kita bertambah satu tahun di dunia ini. Tetapi jika dipikir-pikir, semakin bertambahnya umur seseorang, ketika ia berulang tahun, justru hal tersebut menunjukkan bahwa usia dan waktu dia di dunia ini sudah berkurang satu tahun lagi. Itulah mengapa semakin tinggi usia seseorang, seharusnya orang tersebut menjadi semakin bijaksana dalam menggunakan waktu sisa hidupnya di dunia ini.
Kitab Amsal mengatakan bahwa seseorang seharusnya berbahagia bukan karena hal-hal duniawi, apalagi berbahagia karena usia kita bertambah. Kitab Amsal mengatakan dengan jelas bahwa “berbahagialah  orang yang mendapatkan hikmat dan kepandaian” (ay. 13). Hikmat dan kepandaian dari Tuhan tersebut jauh melebihi harta duniawi, bahkan melebihi emas dan perak (ay. 14). Itulah mengapa ketika Salomo meminta hikmat kepada Tuhan dan bukannya kekayaan, harta benda, serta umut panjang, Tuhan pun akhirnya memberikan hal-hal lainnya tersebut kepada Salomo sebagai bonus (2 Taw 1:11-12).
Demikian juga dalam ayat 16, yang merupakan salah satu ayat yang paling banyak dikutip saat kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang-orang terdekat kita, “Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan”. Memang ayat tersebut merupakan ayat yang sangat indah, namun sayangnya banyak orang lupa membaca beberapa ayat sebelumnya. Umur panjang, kekayaan, dan kehormatan itu adalah bonus bagi orang-orang yang takut akan Tuhan, yaitu bagi orang-orang yang meminta hikmat kepada Tuhan. Mazmur 90:12 mengatakan bahwa pemazmur meminta agar Tuhan mengajarnya untuk menghitung hari-harinya, agar ia memperoleh hati yang bijaksana.
Bonus yang Tuhan berikan kepada orang-orang yang mengutamakan hikmat dari Tuhan bukan hanya bonus di saat ini berupa umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Tuhan juga dapat memberi bonus di masa depan yaitu jalan hidup yang bahagia dan sejahtera (ay. 17). Selain itu, Tuhan juga memberi bonus tidak hanya kepada diri kita, tetapi juga kepada orang-orang di sekitar kita. Kitab Amsal mengatakan bahwa kita akan menjadi seperti pohon yang menjadi berkat bagi orang lain, sehingga setiap orang yang memegang kita akan mendapatkan kebahagiaan (ay. 18). Tuhan tidak ingin kita diberkati begitu saja dan semua selesai. Tuhan ingin agar kita diberkati dan menjadi berkat bagi orang lain juga. Tuhan ingin agar melalui diri dan kehidupan kita, orang lain juga dapat merasakan berkat dan kasih Allah dalam kehidupan mereka.
Kembali lagi ke pokok bahasan kita di awal, terkait dengan umur panjang, tentunya sah-sah saja pada setiap kita merayakan ulang tahun, kita berdoa kepada Tuhan agar kita diberikan umur panjang. Tidak ada ayat Alkitab yang melarang kita untuk meminta umur panjang kepada Tuhan. Walaupun demikian, seharusnya kita juga memikirkan, andaikata kita diberi umur panjang, apa yang kita lakukan bagi Tuhan? Apakah kita dapat memuliakan Tuhan melalui kesempatan dan umur panjang  yang Tuhan berikan kepada kita? Atau jangan-jangan justru umur panjang kita gunakan untuk melakukan kesenangan-kesenangan duniawi saja. Alangkah baiknya jika pada setiap hari ulang tahun, kita menginstropeksi diri kita, apa saja hal-hal yang sudah saya lakukan selama satu tahun ke belakang? Berapa banyakkah hal-hal yang memuliakan Tuhan? Mari kita selalu instropeksi diri kita masing-masing agar kita lebih baik lagi menjalani hari-hari kehidupan kita di dunia ini.
Life is full of choices. Hidup penuh dengan pilihan. Ini bukan cuma sekedar kata bijak karena rasanya kita semua tidak asing lagi dengan berbagai pilihan dan pengambilan keputusan setiap hari dalam hidup kita. Hikmat merupakan pilihan bijaksana yang bernilai tinggi di mata Tuhan. Karenanya berbahagialah orang yang mendapat hikmat
                       Selamat Ulang Tahun Putriku :Yolia Isabel Sianturi,22 Februari 2008-22 Februari 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar